[EPL] Tugas 6 (Pertemuan 10) - Impact Analysis

Nama : Ichlasul Hasanat

NRP : 5025201091

----



Impact Analysis untuk Aplikasi Penerimaan Siswa Baru


Penambahan Fitur dan Halaman Baru

Keuntungan: Penambahan fitur "Edit" dan "Hapus" pada list siswa memungkinkan admin atau pengelola untuk mengelola data siswa dengan lebih efektif.

Dampak: Memerlukan pembaruan pada basis data untuk menyimpan perubahan, serta penambahan fungsionalitas pada bagian backend dan frontend.


Integrasi Database

Keuntungan: Memiliki database yang terintegrasi untuk menyimpan data siswa dari form pendaftaran dan menampilkan data di list siswa.

Dampak: Perubahan skema database mungkin diperlukan untuk mendukung struktur data baru. Diperlukan juga penyesuaian pada kode backend yang menangani operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete).


Validasi Form

Keuntungan: Menambahkan validasi form pada form-daftar.php untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan oleh pengguna sesuai dengan format yang diinginkan.

Dampak: Menambahkan logika validasi pada sisi frontend dan backend, serta memberikan umpan balik yang jelas kepada pengguna jika ada kesalahan input.


Keamanan Data

Keuntungan: Memastikan keamanan data siswa dengan menerapkan metode enkripsi dan perlindungan dari serangan SQL injection atau serangan keamanan lainnya.

Dampak: Perlu memeriksa dan memperkuat sistem keamanan di tingkat database dan aplikasi, termasuk enkripsi data sensitif.


Responsif dan User Experience (UX)

Keuntungan: Meningkatkan responsivitas dan pengalaman pengguna pada berbagai perangkat dengan desain yang responsif.

Dampak: Memerlukan perubahan pada tata letak dan gaya CSS, serta pengujian lintas perangkat untuk memastikan tampilan yang optimal.


Manajemen Session dan Keamanan Autentikasi

Keuntungan: Menambahkan manajemen session dan autentikasi pengguna untuk melindungi data siswa dan mencegah akses tidak sah.

Dampak: Memerlukan pengembangan sistem otentikasi, manajemen session, dan kontrol akses pada sisi backend dan frontend.

Komentar

Postingan Populer